Yang Masih Di Bawah Umur : SERBA FRESH

Meski baru tayang Senin (11/6) lalu, agaknya sinetron berjudul Yang Masih Di Bawah Umur (YMDU) mendapat respons positif dari pemirsa RCTI. Rating dan share-nya pun langsung melesat. Sinetron besutan rumah produksi Sinemart ini berkisah tentang kehidupan anak-anak Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama yang masih di bawah umur. Salah satunya, Tiara (Nasya Marcella), korban perceraian kedua orang tuanya. Tiara harus tinggal bersama ayahnya, Harris (Teddy Syach) serta kedua adiknya, Rendy (Ray Presetya dan Putri (Andy Nadya) di Jakarta. Sementara, sang ibu, Nadia (Vonny Cornelia), masih berkutat menuntut hak perwalian ketiga anaknya itu. Ketiga anak yang masih di bawah umur itu pun harus ikhlas dan rela menerima kehidupan baru mereka, beradaptasi dengan lingkungan baru termasuk sekolah serta teman yang baru. Sementara mereka pun masih direpotkan oleh sikap sang ayah yang berusaha menjadi kepala keluarga sekaligus sebagai ibu.

Berangkat dari kisah Tiara, sutradara YMDU, Subekti, ingin mengangkat cerita menarik di balik dampak perceraian keluarga pada sosok anak-anaknya. Menurut Subekti, tak semua sosok anak yang orangtua-nya bercerai akan menjalani kehidupan dan pergaulan yang buruk. Bahkan, ada kemungkinan orang tua bisa rujuk kembali karena dukungan dan doa anak-anak mereka. “Ini menariknya di sinetron YMDU,” kata sang sutradara.

Tingkat kesulitan dalam penggarapan YMDU pun tak sedikit. Sebab sebagian besar dari para pemainya adalah para pendatang baru yang masih fresh, yang baru mengenal kamera dan perlu waktu serta tenaga ekstra untuk mengarahkan aktingnya. Termasuk dua anak Jeremy Thomas, Valerie Thomas dan Axel Matthew Thomas yang juga turut berakting di sinetron ini.

“Ayah mendukung kami terlibat di sinetron ini. Belajar khusus dari Ayah, saya rasa tidak. Tapi beliau hanya memberikan semangat, kami harus percaya diri saja di depan kamera,” kata Valerie dan Thomas kompak.

(NOVA, Edisi 1269, 18-24 Juni 2012)

Tinggalkan komentar